Mesjid

Dukung Pembangunan Mesdi Jamiak Sitalang

PANITIA PEMBANGUNAN MESJID JAMI`
NAGARI SITALANG KECAMATAN AMPEK NAGARI
KABUPATEN AGAM – SUMBAR

PROPOSAL PEMBANGUNAN

A.SEKILAS SEJARAH MESJID JAMI`

Mesjid Jami` Nagari Sitalang adalah Mesjid milik Nagari Sitalang yang terletak di Kp.Betung Jorong Kp.Melayu Nagari Sitalang Kecamatan Ampek Nagari Kabupaten Agam Propinsi Sumatera Barat. Sebagai Mesjid tertua di Nagari Sitalang,yang pertama dibangun sekitar abad 18 Masehi , dengan bangunan dari kayu berlantai papan.Dimana pada masa itu Nagari Sitalang masih diperintah oleh Asisten Demang zaman penjajahan Belanda di Indonesia. Kemudian pada tahun 1945, melalui gotong royong anggota masyarakat Sitalang, bangunan kayu direhab menjadi bangunan tembok sampai saat ini.

Menurut sejarah orang tua-tua di Nagari Sitalang, semenjak mesjid Jami` difungsikan sebagai tempat ibadah dan kegiatan keagamaan seperti Taman Pendidikan Al-Qur`an, shalat Jum`at ,shalat Tarwih di bulan Ramadhan, shalat Id. Di Mesjid ini juga merupakan satu- satunya tempat berlangsungnya acara pengukuhan pemangku adat Nagari Sitalang yang sampai saat ini terdiri dari 27 Ninik Mamak dan 18 Tuanku kali .

Begitu eksisnya Mesjid Jami` Nagari Sitalang sebagai pusat pengembangan agama Islam serta kegiatan – kegiatan sosial seperti sebagai Posko Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Mesjid di Nagari Sitalang. Hal ini sesuai dengan statusnya sebagai Mesjid Nagari. Artinya Mesjid jami` adalah pusat kegiatan keagamaan dan sosial seluruh masyarakat Nagari Sitalang. Dengan kata lain , Mesjid ini adalah kebanggaan seluruh Masyarakat Nagari Sitalang dimanapun berada.

Ketika terjadinya musibah Gempa Bumi yang mengguncang Daerah Sumbar pada hari Rabu tanggal 30 September 2009, sekitar jam.16.17 WIB. Mesjid Tua kebanggaan masyarakat Sitalang ini mengalami rusak berat. Sehingga tidak bisa lagi digunakan sebagaimana biasanya. Sementara sampai saat sekarang ini masyarakat terpaksa melakukan shalat berjamaa`ah dan Jum`at di Tenda yang dipasang di halaman Mesjid. Artinya Mesjid Jami` harus kita bangun kembali, untuk masa depan agama Islam dan masa depan anak cucu serta kemenakan Nagari Sitalang nanti.

Melalui Proposal ini kami menghimbau sekaligus bermohon kepada seluruh Anak Nagari Sitalang, urang Sumando yang berada di kampung serta di Perantauan, Pemerintah terkait serta semua pihak, kiranya dapat memberikan bantuan moril dan materil, demi terlaksananya pembangunan mesjid jami` Nagari Sitalang dengan lancar dan sukses. Semoga apa yang kita berikan akan bernilai Ibadah di sisi Allah SWT.Amin Ya Rabbal `Alamin.

B. TEMPAT , WAKTU DAN TARGET

Mesjid Jami` Nagari Sitalang akan dibangun kembali di lokasi bekas bangunan lama, yakni di Kampung Betung, Jorong Kampung Melayu, Nagari Sitalang Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Propinsi Sumatera Barat . Di atas tanah Waqaf dengan ukuran 25 m x 20 m2. Waktu Pelaksanaan di mulai dari pertengahan Bulan November 2009 sampai selesai. Target yang harus tercapai adalah selesainya bangunan Mesjid permanent ukuran 12 m x 10 m2 , dengan kontruksi bagunan tahan gempa. Gambar Bangunan dan Rencana Anggaran Biaya terlampir.

PANITIA PEMBANGUNAN MESJID JAMI`
NAGARI SITALANG KECAMATAN AMPEK NAGARI
KABUPATEN AGAM – SUMBAR

C. SUMBER DANA

Sumber dana berasal dari bantuan yang berasal dari Infaq, Sedeqah dari masyarakat dan sumbangan yang tidak mengikat dari pihak Pemerintah dan swasta.

D. PELAKSANAAN PEMBANGUNAN

Pelaksanaan pembangunan mesjid Jami` adalah dengan swadaya masyarakat Nagari Sitalang melalui gorotong royong dibawah kordinasi kepala tukang.

E. PENUTUP

Demikianlah Proposal ini disusun, semoga perhatian dan bantuan dari seluruh pihak akan bernilai ibadah di sisi Allah SWT. Dalam rangka membangun masa depan Islam di Nagari Sitalang.

Sitalang, 20 Oktober 2009

PANITIA PEMBANGUNAN MESJID JAMI` NAGARI SITALANG
KETUA dan SEKRETARIS

MARTONO IMAM SINARO,S.Ag dan IRMAN LUTFI,S.Pd

3 responses to “Mesjid

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s